KURIKULUM

Catatan Sang Pendidik Setelah sekian lama pakum akhirnya bisa kembali lagi meluangkan waktu untuk berbagi. Dalam kesempatan kali ini penulis akan memberikan informasi tentang PENGERTIAN dan SEJARAH KURIKULUM. Semoga informasi ataupun artikel yang penulis berikan bisa bermanfaat untuk para pembaca sekalian.



Kurikulum pada dasarnya merupakan media atau alat unjuk mencapai tujuan pendidikan dan sekaligus dijadikan sebagai acuan dalam pelaksanaan pendidikan. Karena melalui kurikulum lah pendidikan/pengajaran bisa menunjukan hasil akhir yang harus di tempuh oleh pelaku pendidikan salahsatunya adalah guru dan siswa.


Pengertian kurikulum dapat dilihat diri segi asal usul kata (bahasa)

Pertama, Kurikulum berasal dari bahasa yunani kuno yakni Curriculum yang berasal dari kata curir yang artinya pelari; dan Curere yang artinya tempat terpacu. Jadi Curriculum dapat diartikan sebagai “jarak yang harus ditempuh oleh pelari”.
Kedua, Kurikulum dalam bahasa latin mempunyai kata akar (curere) yang berarti ‘laluan’ atau ‘jejak’. Secara luas dapat diartikan sebagai ‘jurusan’  
Kurikulum berasal dari bahasa Latin (curriculum) asalnya adalah (running course, or racecourse, especially a chariot race course) dan terdapat pula dalam bahasa Prancis (chourier) artinya (to run: berlari). Kemudian istilah ini digunakan untuk sejumlah (courses) atau mata pelajaran yang harus ditempuh untuk mencapai suatu gelar atau ijazah.
Secara tradisional kurikulum diartikan sebagai mata pelajaran yang diajarkan di sekolah. Pengertian kurikulum yang dianggap tradisional ini masih banyak di anut sampai sekarang, juga di Indonesia. Kurikulum yaitu segala pengalaman anak disekolah dibawah bimbingan belajar. (Harold  alberty, john kerr).

Dalam arti sempit kurikulum dapat diartikan sebagai “sejumlah mata pelajaran di sekolah atau di perguruan tinggi yang harus ditempuh oleh pelaku pendidikan untuk mendapatkan ijazah atau naik tingkat”.

Dalam arti luas kurikulum adalah semua pengalaman, kegiatan, dan pengetahuan murid dibawah bimbingan dan tanggungjawab sekolah atau guru. Pengertian kurikulum ini memberikan implikasi pada program sekolah bahwa semua kegiatan yang dilakukan murid dapat memberikan pengalaman belajar. Kegiatan-kegiatan tersebut meliputi kegiatan di dalam kelas yang menjadi tanggungjawab guru dan kegiatan di luar kelas yang menjadi tanggungjawab sekolah.

Selain pengertian diatas ada juga beberapa pengertian Kurikulum menurut para ahli. Diantaranya adalah :

J. Galen Saylor dan William M. Alexander (1956) -, menjelaskan arti kurikulum sebagai berikut” The curriculum is the sum totals of schools efforts to influence learning, whether in the class room, on the play ground, or out of school. Jadi segala usaha sekolah untuk mempengaruhi anak belajar, apakah dalam ruang kelas, di halaman sekolah, atau di luar sekolah termasuk kurikulum. Kurikulum meliputi juga apa yang disebut kegiatan ekstra kulikuler. (buku Curriculum Planning for Better Teaching on Learning)

Hilda Taba (1962) - Kurikulum sebagai a plan for learning, yakni sesuatu yang direncanakan untuk dipelajari oleh siswa. Sementara itu, pandangan lain mengatakan bahwa kurikulum sebagai dokumen tertulis yang memuat rencana untuk peserta didik selama di sekolah. (Hilda Taba:1962 dalam bukunya “Curriculum Development Theory and Practice).

Nengly and Evaras (1976) - Kurikulum adalah semua pengalaman yang direncanakan yang dilakukan oleh sekolah untuk menolong para siswa dalam mencapai hasil belajar kepada kemampuan siswa yang paling baik.

George A. Beaucham (1976) - kurikulum sebagai bidang studi membentuk suatu teori yaitu teori kurikulum. Selain sebagai bidang studi kurikulum juga sebagai rencana pengajaran dan sebagai suatu sistem (sistem kurikulum) yang merupakan bagian dari sistem persekolahan.

Grayson (1978) - kurikulum adalah suatu perencanaan untuk mendapatkan keluaran (out- comes) yang diharapkan dari suatu pembelajaran. Perencanaan tersebut disusun secara terstruktur untuk suatu bidang studi, sehingga memberikan pedoman dan instruksi untuk mengembangkan strategi pembelajaran (Materi di dalam kurikulum harus diorganisasikan dengan baik agar sasaran (goals) dan tujuan (objectives) pendidikan yang telah ditetapkan dapat tercapai.

SAYLOR & ALEXANDER, 1980 - Kurikulum adalah pengalaman nyata yang dialami peserta didik dengan bimbingan sekolah


OLIVIA, 1997: 60 - Kurikulum adalah perangkat pendidikan yang merupakan jawaban terhadap kebutuhan dan tantangan

RICHARDS (2001) - Kurikulum adalah kegiatan yang esensial karena kegiatan tersebut mencoba menelaah bagaimana meningkatkan kualitas pengajaran melalui penggunaan perencanaan, pengembangan, penelaahan dan pelaksanaan dalam semua aspek program secara sistematis

Purwadi (2003) - memilah pengertian kurikulum menjadi enam bagian : (1) kurikulum sebagai ide; (2) kurikulum formal berupa dokumen yang dijadikan sebagai pedoman dan panduan dalam melaksanakan kurikulum; (3) kurikulum menurut persepsi pengajar; (4) kurikulum operasional yang dilaksanakan atau dioprasional kan oleh pengajar di kelas; (5) kurikulum experience yakni kurikulum yang dialami oleh peserta didik; dan (6) kurikulum yang diperoleh dari penerapan kurikulum.

Harsono (2005) -  kurikulum merupakan gagasan pendidikan yang diekpresikan dalam praktik. Dalam bahasa latin, kurikulum berarti track atau jalur pacu. Saat ini definisi kurikulum semakin berkembang, sehingga yang dimaksud kurikulum tidak hanya gagasan pendidikan tetapi juga termasuk seluruh program pembelajaran yang terencana dari suatu institusi pendidikan.

B. Bara, Ch (2008) - Kurikulum yakni bahwa konsep kurikulum dapat diklasifikasikan ke dalam empat jenis pengertian yang meliputi: (1) kurikulum sebagai produk; (2) kurikulum sebagai program; (3) kurikulum sebagai hasil yang diinginkan: dan (4) kurikulum sebagai pengalaman belajar bagi peserta didik.

ANONIM - Kurikulum adalah seluruh pengalaman yang ditawarkan pada peserta didik dibawah arahan dan bimbingan penyelenggara program.

J. Lloyd Trump dan Delmas F. Miller -. Menurut mereka dalam kurikulum juga termasuk metode mengajar dan belajar, cara mengevaluasi murid dan seluruh program, perubahan tanaga mengajar, bimbingan dan penyuluhan, supervise dan administrasi dan hal-hal structural mengenai waktu, jumlah ruangan serta kemingkinan memilih mata pelajaran. (buku school improvement)

MACDONALD; Popham - Kurikulum adalah pernyataan mengenai tujuan

MILLER & SELLER - Kurikulum adalah seperangkat mata pelajran. Kurikulum juga merupakan interaksi antara siswa dan guru untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu

NUNAN - Kurikulum adalah semua kegiatan yang dalam kegiatan-kegiatan tersebut para siswa terlibat secara aktif dalam aturan sekolah yang meliputi apa yang dipelajari siswa, bagaimana mereka belajarnya, bagaimana guru membantu mereka dalam belajar, materi apa yang digunakan, dengan menggunakan gaya dan metode penilaian yang bagaimana serta fasilitas apa yang digunakan untuk mendukung berjalannya semua kegiatan tersebut
PIERRE BOURDIEU - Kurikulum adalah program dan isi dari suatu sistem pendidikan yang berupaya melaksanakan proses akumulasi ilmu pengetahuan antargenerasi dalam suatu masyarakat

TANNER & TANNER - Kurikulum adalah suatu rencana tertulis

UU No. 20 Tahun 2003 - Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.

Valiga, T & Magel, C. - Kurikulum adalah urutan pengalaman yang ditetapkan oleh sekolah untuk mendisiplinkan cara berfikir dan bertindak.

WIKIPEDIA - Kurikulum adalah perangkat mata pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan. Penyusunan perangkat mata pelajaran ini disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan setiap jenjang pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan tersebut serta kebutuhan lapangan kerja.

Dari beberapa pengertian para ahli diatas bisa diambil kesimpulan bahwa:

KURIKULUM adalah suatu program pendidikan yang di rencanakan, di programkan, dan di rancang sedemikian rupa secara sistematis yang berisi bahan ajar serta pengalaman belajar sehingga dalam program pendidikan memiliki arah dan tujuan yang akan di capai dan dari hasil yang di capai kita dapat merevisi ulang dan mengembangkan program pendidikan untuk memperoleh hasil yang lebih baik dari sebelumnya sehingga suatu kurikulum pembelajaran dapat di katakan selalu berubah-ubah sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan pendidikan.
Judul: KURIKULUM
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Unknown

Terimakasih atas kunjungannya dan atas kesediaan Anda membaca artikel ini. Pertanyaan, Kritik dan Saran sobat semua dapat sampaikan melalui Kotak komentar dibawah ini.

0 comments:

Post a Comment