SEJARAH ALAT KOMUNIKASI DAN ALAT CETAK

Catatan Sang Pendidik -  Sedikit berbagi tentang awal mula alat komunikasi dan alat cetak, terkadang kita tidak pernah memikirkan siapa yang pertama kali menemukan alat komunikasi dan alat cetak, oke mungkin diantara para Blogger ada yang udah tau tapi tidak salah kalo Catatan Sang Pendidik pun ikun berbagi tentang asal mula alat komunikasi dan alat cetak,

ALAT KOMUNIKASI
Perkembangan teknologi telekomunikasi diawali oleh penemuan telegraf pada tahun 1837. Telegraf dikembangkan oleh Samuel Morse bersama William Cook dan  Charles Wheatstone. Telegraf dapat menghasilkan informasi berupa kode morse yang diangkut melalui sinyal listrik. Informasi dikirim melalui kabel penghubung dengan cepat. Jadi, baik pengirim (transmitter) dan penerima (receiver) dapat berkomunikasi pada waktu hampir bersamaan.

Pada tahun 1878, Alexander Graham Bell menemukan alat yang dapat mengirim suara jarak jauh. orang yang berjasa dalam pengembangan gelombang radio dan penemuan pesawat radio. Beberapa di antaranya James Clerk Maxwell, Nikola Tesla, Guglielmo Marconi, dan Alexander Popov.

Guglielmo Marconi  mendapat hak paten atas penemuan radio pada tahun 1896. Namun, sebelum Marconi mendapat hak paten atas penemuan radio, ada ahli fisika Rusia bernama Alexander Popov yang juga menemukan radio. Popov melakukan percobaan siaran radio pada tahun 1895. Sayangnya, Popov tidak mengajukan hak paten.

Pada tahun 1884,  Paul Nipkow  seorang insinyur berkebangsaan Jerman, menemukan prinsip dasar televisi. Jika pesawat telepon dan radio hanya dapat menerima informasi suara maka televisi dapat menerima informasi suara dan gambar bergerak atau video. Kini kita dapat menerima dan mengirim informasi ke berbagai belahan dunia menggunakan komputer pribadi. Hal ini dapat diwujudkan karena telah tersedia teknologi canggih berupa jaringan komputer yang disebut Internet.

Dengan munculnya Internet, proses komunikasi tidak lagi dibatasi oleh ruang. Kamu dapat berkomunikasi dengan orang yang berada di luar negeri. Jika kamu tidak memiliki Internet, kamu dapat memanfaatkan warung internet.

ALAT CETAK
Wong Jei, seorang berkebangsaan Cina diyakini sebagai penemu alat cetak yang pertama. Naskah pertama dicetak pada tahun 856.  Wong Jei  mengukir tulisan pada kayu. Kemudian, kayu diberi tinta dan kertas ditekan di atasnya sehingga terbentuklah cetakan pada kertas.

Pada tahun 1000, Pi Sheng menemukan cara mencetak yang lebih praktis. Pi Sheng membuat balok-balok huruf dari tanah liat seperti dadu. Kemudian, balok-balok tersebut diberi tinta dan ditempelkan pada kertas. Setiap balok dapat dipindahkan dan dapat digunakan kembali. Proses pencetakan buku-buku menjadi lebih cepat dibandingkan cara sebelumnya.

Pada tahun 1452  Johannes Gutenberg  seorang berkebangsan Jerman, membuat alat cetak modern. Gutenberg menggunakan balok-balok huruf yang terbuat dari logam dan dapat dipindahkan.
Judul: SEJARAH ALAT KOMUNIKASI DAN ALAT CETAK
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Unknown

Terimakasih atas kunjungannya dan atas kesediaan Anda membaca artikel ini. Pertanyaan, Kritik dan Saran sobat semua dapat sampaikan melalui Kotak komentar dibawah ini.

8 comments:

  1. Urang Ciparay geuning kang?hehe..
    aya nu kalangkung tah, ai penemu internet saha?
    salam silaturahmi kang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Muhun kang, salam kenal we kang, hehehehe
      ohhh sippp sambil berjalan kang
      ku abdi di postingkeun deui, merkawis internet na kang

      Delete
  2. Nice post, menambah pengetahuan...

    btw, terimakasih udah berkunjung ke blogku, salam kenal yaa, follow sukses di #4
    ditunggu FollBacknya, hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank's atas kunjungannya, salam kenal juga n happy blogging ya
      insya allah langsung ke TKP

      Delete
  3. alhamdulillah saya dapat ilmu baru disini, trims sobat sudah berbagi yang bermanfaat.. follback sukses #5

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalo bisa bermanfaat isi artikelnya
      Insya allah langsung ke TKP gan

      Delete
  4. Wah ternyata kaya gini awalnya?? Baru tahu.. hehe..!!!
    Thaks gan infonya..!!
    Salam kenal :)

    ReplyDelete